Tanago tundukkan Sahabat 54-50

Jakarta (ANTARA News) – Klub Tanago Friesian berhasil menjaga catatan positif mereka di kejuaraan basket putri Seri II Srikandi Cup 2018-2019 dengan mengalahkan Sahabat Semarang 54-50 di GOR Grogol, Jakarta, Rabu.

Pemain tim nasional putri pada Asian Games 2018 lalu, Christine Aldora Tjundawan, menjadi bintang kemenangan Tanago dengan catatan 16 poin, sembilan rebound dan enam assist, diikuti sumbangan 11 poin dari Leonita Angela.

Rekan Christine di timnas putri, Dyah Lestari, memimpin Sahabat dengan perolehan 16 poin, delapan rebound dan tujuh steal, dibantu 13 poin milik Eilyn Serelia Widodo.

Sayangnya, keperkasaan Yuni Anggraeni di bawah papan dengan mengamankan 13 rebound tak cukup dibarengi kontribusi poin yang signifikan bagi Sahabat.

Hasil itu menjadi kemenangan kedua Tanago di Seri II, dan untuk sementara mereka kian mantap di puncak klasemen dengan raihan lima kali menang dan hanya sekali kalah (5-1).

Sementara Sahabat (3-3) sejauh ini belum memperoleh kemenangan dalam dua pertandingan mereka di Seri II.

Sahabat sebetulnya tampil cukup percaya diri di dua kuarter awal, ketika mereka unggul 18-14 atas Tanago di pengujung kuarter pertama.

Bahkan, Dyah menutup kuarter kedua dengan sebuah tembakan tripoin buzzer-beater yang memperbesar keunggulan Sahabat atas Tanago menjadi 30-25 pada paruh pertama pertandingan.

Akan tetapi, pada kuarter ketiga Tanago mulai menemukan permainan terbaiknya dan menerapkan skema full court press yang hampir tanpa celah.

Strategi itu sukses membuat Sahabat kalang kabut dan hanya mencetak tujuh poin tambahan di kuarter ketiga.

Di saat bersamaan, Tanago sukses meraup 18 poin tambahan sepanjang 10 menit ketiga untuk berbalik unggul 43-37 atas Sahabat.

Strategi yang sama terus diterapkan Tanago untuk menghadapi kuarter keempat. Kendati Sahabat memperoleh 13 poin tambahan, 11 poin balasan dari Tanago sukses memastikan kemenangan 54-50 saat bel tanda laga usai berbunyi.

Hasil itu menjadi modal penting bagi Tanago saat menghadapi tim favorit Merpati Bali pada laga lanjutan Jumat (15/2).

Sementara Sahabat bakal meladeni tim ibu kota lainnya, Scorpio Jakarta, pada hari yang sama.

Baca juga: GMC harus lewati “overtime” untuk atasi Tenaga Baru 74-72

***3***

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2019