Lelang memorabilia Abdul-Jabbar kumpulkan donasi Rp41 miliar

Jakarta (ANTARA) – Lelang barang-barang memorabilia legenda hidup NBA, Kareem Abdul-Jabbar, berhasil mengumpulkan dana donasi senilai 2,9 juta dolar AS atau sekira Rp41 miliar (dengan kurs Rp14.140 per dolar AS).

Lelang yang digelar pada Minggu (3/3) setempat di antaranya melego empat dari lima cincin juara NBA yang diraih Abdul-Jabbar ketika membela Los Angeles Lakers.

Keempat cincin juara tersebut menjadi empat dari lima barang memorabilia yang terjual dengan harga paling mahal dalam lelang itu, demikian dilaporkan ESPN sebagaimana dilansir Reuters, Selasa dini hari WIB.

Cincin juara NBA 1987 milik Abdul-Jabbar terjual dengan harga 398,9 ribu dolar AS, diikuti cincin juara NBA 1985 seharga 343,7 ribu dolar AS dan cincin juara NBA 1980 serta 1988 sama-sama dihargai 245,5 ribu dolar AS.

Kendati demikian, cincin juara NBA 1971 yang dimenangi Abdul-Jabbar kala membela Milwaukee Bucks tidak masuk dalam daftar lelang.

Sedangkan tiga dari enam trofi Pemain Terbaik (MVP) NBA milik Abdul-Jabbar, masing-masing terjual dengan harga lebih dari 120 ribu dolar AS.
Baca juga: Daftar peraih MVP Final NBA dari masa ke masa

Lewat laman resminya pada awal Februari Abdul-Jabbar menyatakan bahwa keuntungan dari lelang tersebut akan didonasikan kepada Yayasan Skyhook bentukannya yang bergerak untuk membantu anak-anak mempelajari sains, teknologi, teknik dan matematika.

“Ketika dihadapkan pada opsi menyimpan cincin juara ataupun trofi di sebuah ruangan atau menghadirkan kesempatan kepada anak-anak untuk mengubah hidup mereka, pilihannya menjadi mudah. Jual semuanya,” tulis Abdul-Jabbar.

“Menilik apa yang saya lakukan dalam hidup saya, ketimbang mengamati setiap gemerlap dari permata dan emas yang ada di tiap momen perayaan saya di masa lalu, saya lebih ingin melihat wajah-wajah gembira anak-anak memegang ulat pertama mereka dan memikirkan apa yang bisa saya lakukan untuk masa depan mereka,” tambahnya.

“Itu adalah sejarah yang tak ternilai harganya,” pungkas Abdul-Jabbar.
Baca juga: LeBron James lampaui rekor Kareem Abdul-Jabbar
Baca juga: Durant sabet MVP saat tim Lebron menang di NBA All-Star
Baca juga: James Harden, MVP NBA 2017-2018

Pewarta:
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019