Lakers tidak akan pecat Walton musim ini

Jakarta (ANTARA News) – Pelatih kepala Los Angeles Lakers Luke Walton “pasti akan menyelesaikan musim ini,” kata satu sumber yang dekat dengan situasi ini kepada Los Angeles Times, Rabu.

Status Walton telah menjadi topik diskusi di antara fans dan media ketika Lakers merosot dengan 28 kemenangan dan 29 kekalahan pada musim yang didera cedera ini.

Namun, Times mengutip sumber menyebutkan pemilik Lakers Jeanie Buss, presiden operasi bola basket Magic Johnson dan general manager Rob Pelinka setuju bahwa Walton seharusnya melatih pada sisa musim ini. Surat kabar tersebut menyatakan sumber-sumber itu mengetahui situasinya tetapi tidak berwenang untuk berbicara secara terbuka mengenai masalah tersebut.

“Tidak akan ada yang terjadi pada Luke,” kata satu sumber kepada Times seperti dikutip Reuters, Kamis.

“Bahkan belum ada pembicaraan mengenai hal ini dan tidak akan ada pembicaraan tentang hal ini. Luke pasti akan menyelesaikan musim ini dan ia mendapat dukungan penuh. Sehingga setiap pembicaraan di media atau pada media sosial bisa dianggap selesai mengenai Luke. Ia tidak akan pergi ke mana-mana. Tidak ada pembicaraan mengenai hal ini.”

Walton sedang menjalani musim ketiganya bersama Lakers, menyelesaikan musim dengan 26 kemenangan dan 56 kekalahan pada 2016-2017 dan 35 (kemenangan) 47 (kekalahan) pada 2017-2018 bersama pemain-pemain muda. Tambahan superstar LeBron James pada libur musim meningkatkan harapan, tetapi cedera pada James, point guard Rajon Rondo dan point guard Lonzo Ball, antara lain, menyebabkan Los Angeles berada di luar gambaran playoff dengan sisa 25 pertandingan lagi.

ESPN melaporkan pada akhir Januari bahwa James dan kawan-kawan akan lebih memilih perubahan kepelatihan. Hasil baru-baru ini — seperti kekalahan 94-136 di Indiana pada 5 Februari, kekalahan 23-poin di Philadelphia pada Minggu dan kemunduran pada Selasa di Atlanta — telah meningkatkan spekulasi mengenai kepemimpinan Walton.

Satu sumber mengatakan kepada Times bahwa James tidak tampak “benar-benar terlibat” melawan Atlanta kendati membukukan triple-double 28 poin, 16 assist dan 11 rebound. Sumber lainnya mengklaim Lakers memiliki “bahasa tubuh yang buruk” melawan Hawks.

Walton memiliki kontrak lima tahun dengan gaji pokok 5 juta dolar per tahun, dengan empat tahun dijamin.

“Semua orang percaya pada Luke,” kata seseorang kepada Times. “Sekarang bagaimana dia mendapatkan yang terbaik dari tim.”

Baca juga: LeBron cetak torehan 32.000 poin meski Lakers kalah

Baca juga: LeBron James alami kekalahan terburuk oleh Indiana Pacers

Penerjemah: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019