Kelebihan tinggi badan, pemain asing baru Hangtuah dipulangkan

Jakarta (ANTARA News) – Pihak Liga Bola Basket Indonesia (IBL) memulangkan pemain asing baru Hangtuah Bryquis Perine karena tidak memenuhi syarat tinggi badan.

“Setelah kami dari IBL bersama pihak rumah sakit melakukan pengukuran tinggi badan, dan mencari data dari berbagai sumber, kami menemukan tinggi badan Bryquis adalah 190 centimeter, bukan 188 centimeter seperti yang disampaikan agen,” ujar Direktur IBL Hasan Gozali, dikutip dari keterangan resmi IBL di Jakarta, Minggu.

Berdasarkan aturan IBL, setiap tim memiliki jatah dua pemain impor di skuat, di mana satu di antaranya adalah ‘small man’ dengan tinggi maksimal 188 centimeter dan lainnya ‘big man’ dengan tinggi badan bebas.

Hangtuah sendiri sebelumnya telah memiliki big man Jared Lee Scott yang bertinggi badan 209 centimeter.

Bryquis sendiri didatangkan untuk menggantikan posisi point guard Hangtuah sebelumnya, Gary Jacobs yang harus kembali ke Amerika Serikat karena ibunya sakit.

Bryquis sudah tampil di satu laga IBL untuk Hangtuah tepatnya di seri ketujuh menghadapi Stapac, Jumat (8/2), di Malang.

Setelah dipulangkan, Hangtuah harus menuntaskan seri ketujuh dengan satu pemain asing. Tidak ada sanksi untuk Hangtuah terkait hal ini karena situasi masuk dalam kondisi ‘force majeure’.

Sebagai informasi, nama Bryquis Perine masuk dalam 187 pemain asing dalam daftar draft. Pria yang berasal dari Amerika Serikat ini berusia 30 tahun dan berposisi sebagai guard.

Dalam daftar draft IBL tersebut, Bryquis disebutkan bertinggi badan 188 centimeter dan berat 82 kilogram. ***3***

Pewarta: Michael Teguh Adiputra Siahaan
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2019