Kai Sotto, calon bintang basket Filipina incar karier di NBA

Jakarta (ANTARA) – Usia Kai Sotto masih 16 tahun dengan tinggi badan 2,18 meter dan kemungkinan tingginya masih bertambah karena usia yang masih muda.

Setelah beredar spekulasi mengenai masa depannya, Sotto akhirnya memutuskan untuk berlatih di luar negeri selama beberapa tahun ke depan dengan satu tujuan, menjadi pemain kelahiran Filipina pertama yang bermain pada  kompetisi basket paling bergengsi di dunia, NBA.

Sotto mengumumkan keputusannya tersebut di media sosial dan langsung mendapat berbagai tanggapan dari warga dunia maya yang bernada positif dan memberikan dukungan.

“Nakapag-decide na po ako at ang pamilya ko,” (Saya dan keluarga telah mengambil keputusan,” kata Sotto, anak dari Ervin Sotto, mantan pebasket Filipina dan saat ini merupakan asisten pelatih klub NLEX.

“Saya akan berangkat segera untuk memulai latihan secara penuh. Saya ingin fokus dua sampai tiga tahun mendatang untuk mencapai target bergabung dengan klub NBA pada 2021 atau 2022,” kata Sotto.

Sotto pun siap mengikuti jejak Jordan Clarkson, pemain klub Cleveland Cavaliers yang pernah tampil memperkuat tim nasional Filipina di Asian Games 2018 di Jakarta. Clarkson adalah pemain yang beribu Filipina, tapi dilahirkan dan dibesarkan di AS.

Menurut Sotto, ia sudah berkonsultasi beberapa kali tidak hanya dengan keluarga, tapi juga tokoh basket yang dianggapnya sebagai mentor, termasuk bos perusahaan telekomunasi Manny V. Pangilinan dan Arben Santos dari Ateneo, sebelum memutuskan untuk berlatih di luar negeri.

Meski tidak menjelaskan secara rinci klub yang dituju, sebuah sumber mengungkapkan bahwa Sotto sudah setuju untuk bergabung dengan perusahaan manajemen yang berkedudukan di AS dan siap untuk mengurusi dan mendukung karier dan perkembangannya sebagai pemain basket.

Sotto juga mengakui bahwa ia sudah menerima banyak tawaran, termasuk klub profesional dari Eropa, serta klub perguruan tinggi di AS yang menyatakan tertarik untuk merekrut pemain asal Filipina tersebut.

Salah satu klub profesional di Liga Eropa yang sudah menyampaikan ketertarikan dengan Sotto adalah Real Madrid, FC Barcelona, Baskonia, Alda Berlin dan Movistar Estudiantes.

Meski mendapat banyak tawaran, Sotto menyatakan bahwa hal yang diharapkannya adalah bahwa kedua orang tua, juga seluruh pendukung basket di Filipina akan menghargai usaha dan cita-citanya untuk mencapai impian semua pemain basket, yaitu bermain di NBA.

Saat ini, Sotto sangat diharapkan oleh tim nasional Filipina untuk tampil di Kejuaraan Dunia FIBA U-19 tahun di Heraclion, Yunani pada 29 Juni sampai 7 Juli mendatang, dimana Filipina menghuni Grup C bersama tuan rumah Yunani, Argentina dan Rusia.
 

Pewarta: Atman Ahdiat
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019