Jr NBA Indonesia siapkan calon bintang basket masa depan

Ajang NBA sangat popular di banyak negara dan menjadi instrumen ampuh untuk mengangkat semangat positif generasi muda di manapun termasuk Indonesia

Jakarta (ANTARA) – Jr NBA Indonesia kembali hadir untuk keenam kalinya. Program pembinaan global tersebut akan menjaring anak-anak berusia 11-14 tahun dari seluruh Indonesia yang memiliki potensi dalam olahraga basket.

Program tersebut terdiri atas beberapa tahap yaitu seleksi, kualifikasi kejuaraan Dunia Jr. NBA wilayah Asia-Pasifik, dan Kejuaraan Dunia Jr. NBA yang akan diadakan di Amerika Serikat pada 6-11 Agustus 2019.

Gelaran Jr NBA Indonesia kali ini bertepatan dengan perayaan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dengan Amerika Serikat.

Assistant Cultural Attaché Kedutaan Besar Amerika Serikat Emily Abraham menjelaskan program ini menjadi perekat kemitraan yang selama ini terjalin baik.

“Ajang NBA sangat popular di banyak negara dan menjadi instrumen ampuh untuk mengangkat semangat positif generasi muda di manapun termasuk Indonesia. Harapan kami adalah semakin banyak program kerjasama antara Indonesia dan Amerika Serikat yang melibatkan anak-anak muda,” ungkap Emily.

Tahun ini, Jr NBA Indonesia mendatangkan eks penggawa Golden State Warriors sekaligus mantan juara kontes slam dunk 2002-2003 NBA Jason Richardson. Rencananya ia akan melatih dan memilih lima anak-anak laki-laki dan lima anak-anak perempuan terbaik dalam Jr NBA Indonesia All-Stars 2019.

“Saya sangat senang mendapat kesempatan untuk berpartispasi dalam program ini yang tidak hanya memberikan pengetahuan olahraga basket kelas dunia tetapi juga berbagi banyak hal tentang pengalaman hidup,” ujar Jason Richardson yang sempat terpilih di urutan kelima secara keseluruhan oleh Golden State Warriors pada ajang NBA Draft 2001.

Jason akan berada di Indonesia hingga penyelenggaraan camp Jr NBA di Cilandak Sport Center, Sabtu (30/3/2019).

Sejak diluncurkan pada 2014, program Jr NBA Indonesia telah menjangkau lebih dari 16,5 juta anak-anak laki-laki dan anak-anak perempuan di Tanah Air.

Selama musim 2018-19, NBA berencana menjangkau lebih dari 51 juta anak di 75 negara melalui permainan antar liga, program kunjungan sekolah, pelatihan, dan tes keterampilan.

Baca juga: NBA latih ribuan anak Indonesia bermain basket

Baca juga: Pakar NBA: anak Indonesia berbakat tapi pemalu

Baca juga: NBA gandeng Blibli.com luncurkan toko online resmi di Indonesia

Pewarta: Adnan Nanda
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019