GMC harus lewati “overtime” untuk atasi Tenaga Baru 74-72

Jakarta (ANTARA News) – GMC Cirebon dipaksa melewati babak overtime untuk bisa mengatasi Tenaga Baru Pontianak dengan kemenangan 74-72 dalam laga lanjutan Seri II Srikandi Cup 2018-2019 di GOR Grogol, Jakarta, Rabu.

GMC sebetulnya sempat memiliki keunggulan 66-61 di semenit terakhir kuarter keempat, namun Tenaga Baru memaksakan overtime lewat lima angka beruntun yang diraih oleh Prisca Widiawati.

Di babak overtime, pilar andalan GMC Christie Rumambie harus menepi sekira semenit terakhir lantaran mengalami kram setelah melantai lebih dari 41 menit.

Beruntung sebuah fast break berhasil dimanfaatkan Leony Elvaretta untuk memastikan kemenangan GMC 74-72 di sisa waktu empat detik overtime.

Christie memimpin raihan angka GMC dengan catatan 27 poin dan sembilan rebound, diikuti Leony yang membukukan 16 poin dalam kemenangan tersebut.

Sebaliknya bagi Tenaga Baru, Fanny Kalumata meraih dwiganda 13 poin dan 11 rebound, diiringi masing-masing 13 poin milik Calista Elvira dan Anjelin Simanjuntak serta 10 poin dari Prisca Widiawati dan Sarce Buam.

Hasil itu membuat GMC kini mengoleksi tiga kemenangan dan tiga kekalahan (3-3), sedangkan Tenaga Baru (1-5) menelan kekalahan kelimanya.

Baca juga: GMC mulai rasakan ketergantungan terhadap Christie Rumambie

Pertandingan berlangsung ketat sejak lemparan mula dan Tenaga Baru sempat menjauh 17-14 lewat tembakan tripoin Fanny pada sisa waktu satu menit 18 detik kuarter pertama. Kendati terpangkas Tenaga Baru berhasil menutup kuarter pertama dalam keunggulan tipis 19-18 atas GMC.

GMC sebagaimana di laga-laga sebelumnya mulai panas dan mencapai puncak performanya pada kuarter kedua.

Christie dkk mengemas 22 poin tambahan sepanjang kuarter kedua, yang 12 di antaranya diperoleh lewat empat tembakan tripoin, demi berbalik memimpin 40-32 saat paruh pertama pertandingan usai.

Sayangnya, keganjilan kembali menggejala di kubu GMC pada kuarter ketiga. Mesin angka mereka macet dan bahkan Tenaga Baru sempat menyamakan kedudukan 48-48 di sisa waktu 25 detik.

Beruntung sebuah serangan fast break yang dilancarkan berhasil dipungkasi Isabelle Suryaman dengan sebuah layup untuk memastikan GMC unggul 50-48 saat kuarter ketiga berakhir.

GMC sepertinya akan menyelesaikan pertandingan dengan mengantongi kemenangan ketika memegang keunggulan 66-61 saat waktu menyisakan hanya sekira satu menit.

Namun konsentrasi GMC buyar begitu saja dan Prisca Widiawati sukses melesakkan lima angka beruntun demi menyamakan kedudukan 66-66 dan laga harus dilanjutkan ke babak overtime.

Beruntung di babak overtime GMC tetap bisa meraih kemenangan 74-74 yang dipastikan lewat tembakan Leony Elvaretta di bawah keranjang di sisa waktu empat detik babak overtime.

Tenaga Baru masih menyisakan dua pertandingan di Seri II yakni menghadapi Flying Wheel Makassar pada Jumat (15/2) dan Merpati Bali sehari kemudian.

Demikian juga GMC yang akan melawan Scorpio Jakarta pada Kamis (14/2) dan Sahabat Semarang pada Sabtu (16/2).

Baca juga: Diganggu hujan, Merpati jinakkan Sahabat

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2019