Fictor Roring merasa capai semua target bersama timnas

Jakarta (ANTARA) – Fictor Gideon Roring merasa semua target yang dibebankan ke pundaknya ketika melatih tim nasional bola basket putra Indonesia tercapai.

Pun demikian, karena kondisi pribadinya, terutama masalah kesehatan, membuat ia memang memutuskan sudah waktunya berhenti dari jabatan pelatih baik di timnas maupun klub IBL, Pelita Jaya Basketball.

“Saya rasa sih apa yang saya capai dengan timnas dalam setahun terakhir sudah sesuai dengan target yang dibebankan kepada saya,” kata Fictor saat dihubungi dari Jakarta, Senin sore.

Di tangan pelatih yang akrab disapa Ito itu, timnas putra berhasil menjuarai Test Event Asian Games 2018 usai mengalahkan India 78-68 di Hall A Basket Senayan, Jakarta, pada Februari 2018.

Kemudian pada Juni 2018, timnas putra yang mengusung nama Pelita Jaya juga menjuarai Kejuaraan SEABA 2018 di Nonthaburi, Thailand, usai menyapu bersih kemenangan dalam lima pertandingan.

Lantas dalam ajang Asian Games 2018 di Jakarta, pada Agustus 2018, Indonesia berhasil lolos dari Grup A untuk mencapai delapan besar demi memastikan satu tempat di putaran final Asian Games 2022 di Hangzhou, China.

Turnamen terakhir yang diikuti Indonesia dengan didampingi Fictor adalah prakualifikasi Piala Asia FIBA 2021 di Thailand pada 26 November-1 Desember 2018, di mana Indonesia menempati peringkat keempat klasemen akhir putaran kedua demi memastikan langkah berlanjut ke fase kualifikasi yang belum dijadwalkan.

“Jadi semua pencapaian tidak ada yang meleset dari yang dibebankan ke saya,” kata Fictor.

“Makanya sebetulnya tidak ada alasan yang istimewa untuk melepaskan tanggung jawab ini,” ujar dia menambahkan.

Kendati demikian, Fictor akhirnya tetap mengundurkan diri dari kursi pelatih kepala timnas demikian dikonfirmasi manajer timnas basket putra untuk SEA Games 2019 Fareza Tamrella.

Pelatih NSH Jakarta, Wahyu Widayat Jati, sudah diputuskan menjadi pengganti Fictor di timnas, namun surat keputusan (SK) resmi dari Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) belum terbit.

Wahyu, yang akrab disapa Cacing, juga memiliki rekam jejak positif bersama timnas putra, ketika ia meraih medali perak SEA Games 2017 di Malaysia.

Baca juga: Fictor Roring mundur dari timnas basket putra

Baca juga: Selain timnas, Fictor Roring juga ingin mundur latih Pelita Jaya

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019