Dallas dapatkan Porzingis dari Knicks

Jakarta (ANTARA News) – Dallas Mavericks mendapatkan forward All-Star Kristaps Porzingis dari New York Knicks lewat skema pertukaran yang melibatkan enam pemain lainnya serta dua hak pilih NBA Draft di musim mendatang.

Lewat laman resminya, Mavericks menyatakan selain Porzingis kesepakatan itu juga membuat mereka mendapatkan trio guard Tim Hardaway Jr., Courtney Lee dan Trey Burke.

Untuk mendapatkan keempat pemain itu, Mavericks mengirimkan guard Dennis Smith Jr., center DeAndre Jordan dan Wesley Matthews serta dua hak pilih putaran pertama NBA Draft musim-musim mendatang ke Knicks.

Bersamaan dengan langkah tersebut, Mavericks juga melepas kontrak forward Ray Spalding.

Kedatangan Porzingis yang berdarah Latvia bakal mentransformasikan Mavericks menjadi kekuatan berporos Eropa di NBA mengingat saat ini mereka disokong debutan bintang asal Slovenia Luka Doncic.

Baca juga: Tendang bola ke tribun, Doncic didenda 10 ribu dolar AS

Porzingis hampir setahun lamanya menepi karena cedera ACL yang dideritanya, namun sempat terlihat menyaksikan pertandingan ketika Mavericks menaklukkan Knicks 114-90 di Madison Square Garden, Kamis WIB.

Musim lalu Porzingis terpilih masuk tim All-Star berbekal rataan 22,7 poin, 6,6 rebound dan 2,4 blok dalam 48 kali penampilan bersama Knicks sebelum musimnya dihentikan oleh cedera.

General Manager Knicks Scott Perry menyatakan bahwa Porzingis memang meminta untuk pindah lewat skema pertukaran di tengah ketidakpastian status bebas kontraknya yang segera tiba.

“Menimbang ketidakpastian status bebas kontrak Kristaps dan permintaannya untuk ditukarkan hari ini, kami melakukan pertukaran yang bakal menambah kepercayaan diri tim ini,” kata Perry dalam pernyataan resmi yang disiarkan laman Knicks.

Kolumnis ESPN Adrian Wojnarowski dan Ramona Shelbourne melaporkan Porzingis bakal menyetujui tawaran kualifikasi yang diajukan Mavericks, jelang masa memasuki status bebas kontrak pada musim panas ini, yang membuatnya menjadi berstatus bebas kontrak tanpa ikatan pada 2020 mendatang.

Sementara itu, menyusul kepastian pertukaran tersebut, Porzingis lewat akun twitter pribadinya mengunggah cuplikan adegan ia menyapa Doncic selepas laga Knicks kontra Mavericks di Madison Square Garden, sebelum kemudian mengunggah salam perpisahan kepada para penggemar Knicks.

“New York akan selalu memiliki tempat khusus di hati saya. Terima kasih kepada semua orang yang membuat perjalanan ini begitu spesial bagi saya dan keluarga,” demikian cuit Porzingis sembari menyematkan foto ia berseragam Knicks.

 

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019