CLS Knights raih kemenangan pertama “playoffs” ABL

Surabaya (ANTARA) – Tuan rumah BTN CLS Knights Indonesia memaksimalkan laga kandang pertama babak “playoffs” kompetisi ASEAN Basketball League (ABL) musim 2018-2019 dengan meraih kemenangan 84-59 atas Saigon Heat Vietnam di GOR Kertajaya, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu malam.

Maxie Esho menjadi motor kemenangan CLS Knights dan menjadi pemain paling produktif setelah mencetak 24 poin, enam rebound, satu assist, dan empat steal.

Sementara Douglas Herring Jr, pengatur serangan CLS Knights, mampu mengemas angka ganda sebanyak 18 angka dan 10 assist.

Dari tim Saigon Heat, De Angelo Hamilton menjadi topskor untuk timnya dengan raihan 13 poin, enam rebound.

“Kami masih membutuhkan satu kemenangan lagi. Permainan berjalan baik, terutama ‘defense’ dan tembakan tiga angka,” kata pelatih CLS Knights Brian Rowsom kepada wartawan usai pertandingan.

Tampil di hadapan para pendukungnya, tuan rumah CLS Knights langsung tancap gas dan unggul jauh 31-14 pada akhir kuarter pertama.

Unggul 17 poin di kuarter pertama, para pemain CLS Knights makin agresif menekan pada kuarter kedua. Tanda kemenangan tim kebanggaan warga Surabaya ini bahkan sudah terendus pada akhir kuarter kedua.

Hal itu ditandai dengan tembakan tiga angka Wong Wei Long yang meluncur ke jaring lawan di sisa 14 detik, sekaligus menutup kuarter kedua dengan skor 45-29.

Lepas turun minum, tuan rumah semakin tidak terbendung lagi. Bahkan saat waktu pertandingan kuarter ketiga memasuki 5 menit 26 detik, CLS Knights unggul jauh 62-33.

Pelatih Saigon Heat asal Kanada Kyle Julius meminta waktu jeda untuk menenangkan anak asuhnya, tetapi CLS Knights sudah telanjur panas.

Sebuah tembakan tiga angka dari Brandon Jawato kembali mendongkrak perolehan angka CLS Kinghts 65-35, disusul empat angka tambahan yang dibuat Wong Wei Long. Sebelum kuarter ketiga usai, Brandon Jawato menutup dengan “lay up” dan mengakhiri skor dengan 71-43.

Tertinggal angka cukup jauh membuat Saigon Heat tampak frustrasi meladeni perlawanan CLS Knights di kuarter akhir, sehingga tuan rumah yang memainkan pemain pelapis pun mengakhiri laga dengan kemenangan 84-59.

Dengan memainkan format “best of three” di babak playoffs, Brandon Jawato dan kawan-kawan tinggal membutuhkan satu kemenangan lagi untuk lolos ke babak empat besar. Laga kedua akan dimainkan di kandang Saigon Heat pada 5 April mendatang.

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019