Viral Foto Zumi Zola di Rumah Sakit, Ini Penjelasan KPK

Jakarta – Foto Gubernur Jambi nonaktif Zumi Zola sedang berada di salah satu rumah sakit viral. KPK mengatakan keberadaan Zumi di rumah sakit berdasarkan penetapan hakim.

“Ada izin berobat dengan penetapan hakim,” kata Kepala Biro Humas KPK, Febri Diansyah, kepada detikcom, Kamis (25/10/2018).

Dia mengatakan, berdasarkan penetapan hakim, Zumi diperiksa di RSPAD. Namun, Febri tak menjelaskan kapan tepatnya Zumi berada di Rumah Sakit tersebut.

“Penetapan hakim di RSPAD,” ucapnya.

Dalam foto yang viral itu, terlihat Zumi mengenakan kaca mata dan baju warna biru. Dia terlihat duduk di salah satu ruangan di RS.

Sebelumnya, Zumi memang disebut mengalami sakit sesak nafas. Hal tersebut menyebabkan sidang lanjutannya pada Senin (22/10) lalu ditunda hingga Senin (29/10) pekan depan.

Zumi merupakan terdakwa kasus dugaan gratifikasi dan suap. Dia sedang menjalani proses persidangan di PN Tipikor Jakarta Pusat.

Dia didakwa menerima gratifikasi dengan total nilai Rp 44 miliar dan mobil Alphard. Gratifikasi itu disebut diterima Zumi sejak dia menjabat sebagai Gubernur Jambi.

Selain itu, Zumi Zola juga didakwa menyetor Rp 16,490 miliar ke DPRD Jambi. Uang itu disebut untuk memuluskan pengesahan Rancangan Perda APBD Jambi tahun 2017-2018.
(haf/dnu)